Cara Merawat dan Menyimpan Senapan Angin Gejluk

Cara Merawat dan Menyimpan Senapan Angin Gejluk

Untuk mampu bertahan lama, senapan angin gejluk harus dirawat dan dijaga, berikut caranya:
  1. Saat pertama kali senapan datang, kita harus segera memompanya agar tabung angin terisi, karena biasanya oleh si penjual senapannya hanya dipompa beberapa kali untuk sekedar mengisi tabung anginnya agar tidak kosong.
  2. Tabung angin pada senapan ini tidak boleh kosong karena akan membuat kebocoran pada sill. Saat akan menyimpannya dalam waktu lama pun kita harus selalu memeriksa tabung anginnya dan memompanya bila anginnya hampir habis.
  3. Pompa kapasitas angin sesuai ukuran tabung, jangan sampai berlebihan karena akan merusak tabung angin pada senapan.
  4. Saat memasukkan peluru harus benar-benar masuk dan ukuran peluru juga harus pas. Jika peluru tidak masuk dengan pas biasanya akan menjadi macet dan membuatnya lecet saat menembak nantinya.
  5. Beri pelumas pada bagian-bagian yang rawan kering seperti stang pompa untuk menghindari terjadinya aus. Disarankan untuk menggunakan minyak goreng sebagai pelumas karena lebih halus dibanding pelumas biasa.
  6. Jangan memompa banyak sekaligus, tapi harus diberi jeda sekitar 5 menit sampai dengan 10 menit setelah pipa laras terasa mulai panas.
  7. Jika senapan angin mengalami kerusakan jangan melakukan pembongkaran sendiri karena bisa membahayakan. Kecuali jika pengetahuan dan pengalaman bongkar pasang kira cukup. Bila tidak, sebaiknya segera diperbaiki ke tempat servis senapan angin.
Semoga artikel ini dapat menjadi sebuah referensi dan rekomendasi untuk anda dalam mempertimbangkan senapan angin gejluk yang anda pilih.

No comments:

Post a Comment