Pengetahuan Senapan Angin

Untuk menambah pengetahuan tentang Senapan angin, Silahkan simak


Senapan angin adalah senjata yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Senapan tipe pompa

Senapan angin yang memakai pompa (pump action) untuk memampatkan udara lalu dilepas untuk melontarkan proyektil/pelet. Sedangkan untuk tipe pompa ada dua tipe cara pelepasan angin, yaitu :
Knock open valve dan Dumping system
Pada sistem Knock Open Valve digunakan pemukul/hammer seperti senjata api biasa pada bagian dalam dan untuk yang eksternal digunakan pelatuk yang mirip dengn pistol colt.
Untuk Dumping system menggunakan klep yg dapat terbuka penuh pada saat trigger/pelatuk terpicu.
Contoh senapan angin yg menggunakan Knock open valve yaitu Benyamin Sheridan, Titan, Falcon (senapan import).
Untuk Dumping system yaitu Sharp bramasta power extra long , Bramasta sniper, Sharp tiger long truglo, Sharp Ace deluxe long,  (lokal) .
Senapan angin yang memakai gas/angin dalam tabung yang termampatkan,
Gas/angin sudah dipompa terlebih dahulu sebelum senjata akan digunakan.

1. Menggunakan tabung Gas CO2 kecil yang mana proyekstil atau pelet di dorong menggunakan tekanan yang Gas CO2 dari dalam tabung, tekanan yang dihasilkan tidak terlalu besar, biasanya di pergunakan pada softgun atau senapan angin dengan jarak tembak pendek +/- 10m.Pellets yg digunakan biasanya tipe diabolo/gotri.

2. Menggunakan udara tekan atau biasa disebut Senapan PCP (Pre Charge Peneumatic)

Jenis ini memiliki tekanan yang besar antara 2.000 – 3.500 psi, dapat melontarkan proyektil atau pellet sampai kecepatan > 1.000 fps atau lebih, biasa digunakan pada small or medium hunting. bisa menggunakan tipe pellets semua jenis termasuk tipe pile driver yg membutuhkan tekanan angin tinggi di atas 1500psi atau lebih untuk menghasilkan daya lontar peluru yg optimum.

No comments:

Post a Comment